JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 10 No 1 (2023)

PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUKAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Eka Juliarnita Laoli (Universitas Riau)
Syahril Syahril (Universitas Riau, Indonesia)
Zulirfan Zulirfan (Universitas Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan keterampilan berpikir kritis siswa SMA dan mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas yang menerapkan model learning cycle 5E berbantukan media mobile learning dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tapung Hulu. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Desain penelitian ini yaitu posttest only control group design. Sampel diambil secara acak dari populasi yang berjumlah 4 kelas IPA. Hasil penelitian diperoleh bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen tergolong tinggi sedangkan kelompok kontrol tergolong rendah. Setelah diberikan tes keterampilan berpikir kritis berupa posttest kelompok eksperimen mencapai skor rata-rata 75,40 dengan standar deviasi 16,59 sedangkan kelompok kontrol mencapai skor rata-rata 64,42 dengan standar devisi 15,41. Hasil hipotesis menggunakan independent samples t-test diperoleh dengan signifikan 0,005 yang artinya lebih kecil dari 0.05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan skor rata-rata keterampilan berpikir kritis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...