Jurnal Sosial Humaniora Sigli
Vol 5, No 2 (2022): Desember 2022

PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI SUMBER ENERGI

Rosalina Agustin (Universitas Panca Marga)
Ani Anjarwati (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Panca Marga Probolinggo)
Adetegar Youliyan Primadani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Panca Marga Probolinggo)
Nailatul Hidayah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Panca Marga Probolinggo)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Artikel ini mengulas tentang metode pembelajaran yang digunakan di SDN Kalisalam I. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perencanaan dan pelaksanaan metode pembelajaran yang tepat seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan hasil yang diperoleh dijelaskan secara deskriptif. Adapun instrument penelitiannya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi di SDN Kalisalam 1. Proses pelaksanaanya dengan menerapkan metode demonstrasi yang mana metode belajar ini menggunakan benda atau bahan ajar ketika kegiatan belajar mengajar. Dampak yang terjadi ketika menggunakan metode ini adalah siswa menjadi lebih tertarik dengan apa yang diajarkan, fokus terhadap materi, serta memberikan pengalaman yang menyenangkan.Kata kunci: Metode Demonstrasi, Kolaborasi, Sumber Energi, Siswa SD

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSH

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan ...