Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 6 No 2 (2022): JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA AL QALASADI

Analisis Soal Materi Statistika pada Buku Teks Matematika SMA Berdasarkan Kognisi Statistik

Mella Septiana (Program studi Tadris Matematika, IAIN Lhokseumawe)
Khairiani (Program studi Tadris Matematika, IAIN Lhokseumawe)
Nurul Akmal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Analisis butir soal memiliki peran penting untuk mengetahui kualitas soal pada buku teks. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui integrasi kognisi statistik soal materi statistika pada buku teks matematika SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Terdapat tiga jenis buku teks matematika yang dipilih sebagai sampel dengan penerbit yang berbeda yaitu : buku Kemendikbud kelas X (kmd 1) dan XII (kmd 2) dan buku Erlangga kelas XII (Er). Analisis data pada penelitian ini melalui 4 tahap : Menganalisis sampel soal dengan menggunakan kerangka analitis, Memberi kode pada setiap soal sesuai dengan kerangka analitis, Validasi pengkodean dilakukan oleh dua orang, dan Analisis data hasil pengkodean. Kerangka analitis integrasi kognisi statistik terbagi menjadi 3 komponen yaitu, K (pengetahuan dasar statistik), R (penalaran statistik) dan T (berpikir statistik). Hasil penelitian analisis terdapat 526 soal secara keseluruhan, buku Kmd 1 jumlah soal 23 dan terdapat 87 % tergolong komponen K, 13% komponen R dan tidak terdapat komponen T. Buku Kmd 2 jumlah soal 42, terdapat 67% soal tergolong komponen K, 24% komponen R dan 9% komponen T. Buku Er jumlah soal 420, terdapat 95% tergolong komponen K, 4% komponen R dan 1% komponen T. Diberikan saran kepada pihak yang berwenang dalam penerbitan buku teks matematika SMA untuk lebih memperhatikan variasi dalam materi dan soal-soal statistika yang disajikan dalam buku teks sekolah, agar kualitas pembelajaran materi statistika disekolah dapat berkualitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...