Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Cilenggang 2 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV di SDN Cilenggang 2 Tahun pelajaran 2021/2022. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposinve sampling dengan kelas IV C dipilih menjadi sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan soal tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deksriptif, analisis korelasi sederhana, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis korelasi sederhana terdapat pengaruh yang rendah antara pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa, yaitu sebesar 0,30. Sedangkan dari hasil analisis koefisiensi determinan pengaruh yang ditimbulkan sebesar 9,10%.
Copyrights © 2022