Attadib: Journal of Elementary Education
Vol 6, No 2 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education

PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH/DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4

Januar Ramadhan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Zerri Rahman Hakim (Unknown)
Reksa Adya Pribadi (Unknown)
Encep Andriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Cilenggang 2 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV di SDN Cilenggang 2 Tahun pelajaran 2021/2022. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposinve sampling dengan kelas IV C dipilih menjadi sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan soal tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deksriptif, analisis korelasi sederhana, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis korelasi sederhana terdapat pengaruh yang rendah antara pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa, yaitu sebesar 0,30. Sedangkan dari hasil analisis koefisiensi determinan pengaruh yang ditimbulkan sebesar 9,10%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...