JAS (Jurnal Agri Sains)
Vol 6, No 2: Desember 2022

ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP IKAN SALAI DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Firdaus Alam Budi (Universitas Riau)
Novia Dewi (Universitas Riau)
Yeni Kusumawaty (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap ikan salai di Kabupaten Kuantan Singingi. Masih rendahnya konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi membuat stakeholder terkait harus mengupayakan peningkatan konsumsi ikan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan minat masyarakat terhadap produk olahan ikan yaitu ikan salai. Pemahaman mengenai persepsi konsumen terhadap ikan salai akan memberikan informasi penilaian-penilaian terhadap atribut yang melekat pada produk ikan salai yang akan menentukan pilihan konsumen terhadap ikan salai. Pemilihan tempat pada penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu di Pasar Tradisional Berbasis Modern Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi sebagai pasar pusat tradisional. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 100 responden. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis Multi Dimensional Scalling menggunakan program software IBM SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Statistic 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap ikan salai di Kabupaten Kuantan Singingi berdasarkan penilaian konsumen terhadap atribut yang melekat pada ikan salai, untuk penilaian terbaik konsumen terhadap atribut rasa yaitu produk ikan baung salai, kemudian untuk atribut aroma yaitu produk ikan patin salai, selanjutnya atribut tekstur yaitu produk ikan patin salai, untuk atribut warna yaitu produk ikan patin salai, untuk atribut ukuran yaitu produk ikan patin salai, dan atribut tulang/duri yaitu produk ikan pantau salai. Penilaian konsumen terhadap atribut yang melekat pada produk-produk ikan salai, dapat dijadikan sebagai infromasi tambahan dalam melakukan pengembangan pemasaran ikan salai di Kabupaten Kuantan Singingi. Kata kunci : Persepsi Konsumen, Ikan Salai, Multi Dimensional Scalling ABSTRACT This study aims to determine consumer perceptions of smoked fish in Kuantan Singingi Regency. The low consumption of fish by the community in Kuantan Singingi Regency has forced relevant stakeholders to strive to increase fish consumption. One way is to increase public interest in processed fish products, namely smoked fish. An understanding of consumer perceptions of smoked catfish will provide information on the evaluations of the attributes attached to smoked fish products which will determine consumer choices for smoked fish. The choice of place in this study was carried out purposively, namely at the Teluk Kuantan Modern-Based Traditional Market, Kuantan Singingi Regency as the central traditional market. The sampling method in this study was purposive sampling, with the number of samples taken as many as 100 respondents. The data sources used in this study are primary data and secondary data. The data analysis method used in this study is Multi-Dimensional Scalling analysis using the IBM SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Statistic 2 software program. The results showed that the consumer's perception of salai fish in Kuantan Singingi Regency was based on the consumer's assessment of the attributes attached to the salai fish, for the best consumer assessment of the taste attribute, namely the salted baung fish product, then for the aroma attribute, namely the salai catfish product, then the texture attribute namely smoked catfish products, for color attributes, namely smoked catfish products, for size attributes, namely smoked catfish products, and bone/thorn attributes, namely smoked catfish products. Consumer evaluation of the attributes attached to smoked fish products can be used as additional information in developing the marketing of smoked fish in Kuantan Singingi Regency. Keywords: Consumer Perception, Smoked Fish, Multi Dimensional Scalling

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JAS (Jurnal Agri Sains) adalah open access jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo. JAS menerbitkan hasil penelitian original, skripsi, tesis dan review artikel dalam bidang sosial ekonomi pertanian dan agribisnis. JAS juga menerima karya ...