Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 10, No 2 (2022): VOLUME 10 NOMOR 2 DESEMBER 2022

Implementasi model project based learning berbasis flipped classroom dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis

Sintia Suci (Pendidikan Biologi PMIPA Universitas Jambi)
Jodion Siburian (Pendidikan Biologi PMIPA Universitas Jambi)
Upik Yelianti (Pendidikan Biologi PMIPA Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian telah dilakukan untuk mengetahui pengaruh implementasi Model Project Based Learning (PjBL) berbasis Flipped Classroom (FC) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperiment) desain nonequivalent control group design. Subyek penelitian seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Muaro Jambi tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 44 siswa. Penentuan sampel digunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari hasil pretest dan posttest serta kuesioner kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen digunakan setelah dilakukan validasi oleh tim ahli. Berdasarkan analisis data, bahwa implementasi model pembelajaran Project Based Learning berbasis Flipped Classroom memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa lebih tinggi pada implementasi model PjBL daripada kelas konvensional. Kelas PjBL berbasis FC diperoleh rata-rata nilai adalah 83,13 dengan standar deviasi 11,44, sedangkan pada kelompok konvensional diperoleh rata-rata nilai 73,40 dengan standar deviasi 13,15. Hasil uji menunjukkan thitung = 3,14 dan ttabel = 2,02 (thitung ttabel) pada taraf signifikansi 0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...