Belajar dan memahami logika koding dapat dilakukan sejak anak usia dini utamanya usia siswa sekolah dasar. Proses untuk menumbuhkan minat siswa untuk belajar koding dapat menggunakan aplikasi yang sederhana dalam permainan game. Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini yaitu memberikan pengetahuan koding pada siswa yang masih menempuh sekolah dasar, memberikan pemahaman cara bekerja suatu program dan mengimplementasikan koding dalam bentuk permainan game. Metode pelaksanaan diawali dengan wawancara dengan pihak Sekolah Dasar Negeri 1 Lalebbata Kota Palopo sebagai mitra. Wawancara ini untuk mengetahui minat dan pemahaman peserta yang akan mengikuti pelatihan dan menentukan aplikasi yang cocok belajar koding terutama bagi siswa. Pemilihan aplikasi yang digunakan adalah dengan menggunakan Scratch. Aplikasi strach ini dipilih, karena penggunaan dalam belajar koding tidak perlu membuat koding dengan mengetikkan perintah. Koding dilakukan dengan menggunakan blok, semua perintah yang digunakan sudah dikemas dalam blok-blok. Koding yang dibuat disusun berdasarkan blok – blok yang mempunyai arti dan fungsi serta dapat dijalankan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini, peserta dapat memahami logika koding, penggunaan logika keputusan dan logika perulangan. Siswa mampu membuat logika koding dan membuat game sederhana dengan menggunakan aplikasi Scratch
Copyrights © 2022