JITSI : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi
Vol 3 No 4 (2022)

Clustering Data Evaluasi Standar Sistem Penjamin Mutu Internal (Studi Kasus: Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Padang)

Hanif Aulia Sabri (Politeknik Negeri Padang)
Yulherniwati (Politeknik Negeri Padang)
Fazrol Rozi (Politeknik Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi mengatur kebijakan otonomi perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan perguruan adalah Sistem Penjamin Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT). Dalam SPM-PT terdapat struktur dan mekanisme yang terdiri atas Sistem Penjamin MutuInternal (SPMI), Sistem Penjamin Mutu Eksternal (SPME) dan Pangkalan Data (PD Dikti). Evaluasi pada jurusan Teknologi Informasi dilaksanakan setiap tahunnya. Pada siklus SPMI terdapat beberapa tahap yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (P-P-E-P-P). Peninjauan mutu pendidikan dilakukan pada siklus ketiga dari P-P-E-P-P yaitu tahap evaluasi. Dalam pengolahan data hasil penilaian evaluasi auditor masih menghabiskan banyak waktu serta sering ditemukan kesalahan. Serta dari hasil penilaian auditor yang meliputi sejumlah butir standar, jurusan perlu memprioritaskan butir standar mana yang akan diperbaiki atau ditingkat terlebih dahulu. Dalam hal evaluasi oleh auditor diperlukan mekanisme penginputan yang lebih memudahkan auditor. Oleh sebab itu dalam penelitian ini dikembangkan aplikasi berbasis android untuk memudahkan input data evaluasi butir standar SPMI oleh auditor. Di samping itu juga dilakukan pengelompokkan butir standar yang punya pengaruh yang sama terhadap mutu prodi. Metode pengelompokkan yang dilakukan menggunakan salah satu algoritma Clustering yaitu Hierarchical Clustering yang akan menghasilkan Cluster yang telah dikelompokkan berdasarkan pengaruh antar butir mutu lainnya. Sehingga dari sekian banyak butir standar, dapat ditentukan butir yang bisa diprioritaskan untuk ditingkatkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jitsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The journal scopes include (but not limited to) the followings: Computer Science : Artificial Intelligence, Data Mining, Database, Data Warehouse, Big Data, Machine Learning, Operating System, Algorithm Computer Engineering : Computer Architecture, Computer Network, Computer Security, Embedded ...