Kurikulum terpadu merupakan suatu produk dari usaha pengintegrasian bahan pelajaran dari berbagai macam pelajaran. Integrasi diciptakan dengan memusatkan palajaran pada masalah tertentu yang memerlukan solusinya dengan materi atau bahan dari berbagai disiplin ilmu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodedeskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Berbasis Pesantren yang mengimplementasikan kurikulum terpadu sebagai upaya penguatan karakter siswa. Rancangan penelitian menggunakan studi kasus di SMA PLUS Ma’ruful Hidayah Kabupaten Garut. Dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi ditemukan bahwa sistem kurikulum terpadu antara kurikulum yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) dan kurikulum pesantren ciri khas dari SMA Plus Ma’ruful Hidayah itu sendiri. Dengan menerapkan kurikulum yang dipadukan tersebut, maka dapat menguatkan karakter siswa/santri, yaitu karakter yang religius, sabar, disiplin, jujur, kreatif, mandiri, cinta tanah air dan tanggung jawab.
Copyrights © 2023