Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Kajian Pengalaman dan Sirkulasi Ruang di Rumah Peranakan, Pecinan Jamblang: Kegiatan Penyuluhan dan Festival

Tessa Eka Darmayanti (Universitas Kristen Maranatha)
Krismanto Kusbiantoro (Universitas Kristen Maranatha)
Elizabeth Susanti (Universitas Kristen Maranatha)
Cindrawaty Lesmana (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Ruang dan pengalaman tidak dapat dipisahkan, terutama jika itu terkait dengan kegiatan yang terjadi di dalamnya. Namun, umumnya ruang selalu terpisah dengan pengalaman, karena ruang dilihat sekedar area yang kebetulan ada kegiatannya. Tujuan dari artikel ini memberikan sudut pandang terbentuknya pengalaman dan ruang melalui sirkulasi aktifitas pada ruang di rumah Peranakan, Jamblang. Aktifitas yang menjadi fokus adalah acara penyuluhan serta festival yang melibatkan masyarakat lokal Jamblang. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan fenomenologi-naratif dengan melalukan observasi, wawancara mendalam dan mengalami kegiatan yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ruang tidak hanya terbentuk dari pembatas massif, sirkulasi tidak hanya melibatkan langkah-langkah individu di dalamnya dan pengalaman senantiasa terbentuk dari ruang dan aktifitas yang terjadi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...