Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan peserta didik di Madrasah Aliyah DDI Lemo Bajo. Tujuan penelitian ini dimaksudkan pertama, untuk mengetahui kualitas layanan administrasi akademik. Kedua, untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta didik. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan peserta didik di Madrasah Aliyah DDI Lemo Bajo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian survei yang menggunakan metode pendekatan korelasional. Adapun jumlah populasi yaitu 120 siswa Madrasah Aliyah DDI Lemo Bajo dengan pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik startified random sampling sebanyak 55 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner (angket). Adapun teknik analisis statistik yang digunakan untuk mengolah hasil, yakni analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan persamaan regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS Vers.28 Tahun 2021. Selanjunya berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan administrasi akademik (X) terhadap kepuasan peserta didik (Y).
Copyrights © 2023