Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Pengaruh Kualitas Layanan Administrasi Terhadap Kepuasan Siswa di Madrasah Aliyah DDI Lemo Bajo

Hasrawia Hasrawia (IAIN Kendari)
Nur Alim (IAIN Kendari)
Syahrul Syahrul (IAIN Kendari)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan peserta didik di Madrasah Aliyah DDI Lemo Bajo. Tujuan penelitian ini dimaksudkan pertama, untuk mengetahui kualitas layanan administrasi akademik. Kedua, untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta didik. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan peserta didik di Madrasah Aliyah DDI Lemo Bajo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian survei yang menggunakan metode pendekatan korelasional. Adapun jumlah populasi yaitu 120 siswa Madrasah Aliyah DDI Lemo Bajo dengan pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik startified random sampling sebanyak 55 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner (angket). Adapun teknik analisis statistik yang digunakan untuk mengolah hasil, yakni analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan persamaan regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS Vers.28 Tahun 2021. Selanjunya berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan administrasi akademik (X) terhadap kepuasan peserta didik (Y).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...