Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 4, No 4 (2022)

Peningkatan Pengetahuan Media Promosi Wisata Edukasi pada Pokdarwis Senanjung Sungai Biuku

Atika Atika (ULM)
Achmad Bayu Chandrabuwono (ULM)
Muhammad Febri Rahmat Akbari (ULM)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Pokdarwis Senanjung memiliki anggota sebanyak 30 orang dari kalangan muda warga Sungai Biuku Banjarmasin. Mereka memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan wisata edukasi. Kegiatan penyuluhan merupakan solusi dari permasalahan pemasaran yang dihadapi oleh mitra, khususnya kurangnya pengetahuan mitra tentang pemanfaatan media untuk mempromosikan wisata edukasi. Penyuluhan dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2022, dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi penggunaan aplikasi desain media promosi melalui media Canva. Kegiatan diikuti oleh 50% anggota Pokdarwis Senanjung Sungai Biuku (15 orang). Hasil dari kegiatan penyuluhan yaitu terjadinya peningkatan pengetahuan pada anggota pokdarwis tentang komunikasi pemasaran dan media promosi wisata edukasi. Komunikasi pemasaran yang awalnya hanya dipahami oleh 29,4% peserta sebelum penyampaian materi menjadi meningkat sampai 100% setelah penyampaian materi. Begitupun dengan media promosi, yang awalnya peserta hanya mampu menyebutkan satu atau dua media promosi menjadi mengetahui sejumlah media promosi.Pokdarwis Senanjung has 30 members of young people from Biuku River. They have great potential to develop educational tourism. Counselling activities are a solution to marketing problems faced by the partner, especially the partner's lack of knowledge about the use of media to promote educational tourism. Counselling was held on June 8, 2022, using the lecture method and demonstration of promotion media design applications. The activity was attended by 50% of Pokdarwis Senanjung Biuku River (15 people). The results of the counselling activities were an increase in the knowledge of Pokdarwis members regarding marketing communications and educational tourism promotion media. Initially, marketing communications were only understood by 29.4% of the participants before the presentation of the material. Then, the understanding increased to 100% after the presentation of the material. Likewise, with promotion media, initially, the participants could only name one or two promotion media to become aware of several promotion media.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

btj

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat publishes articles from community service. This Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is periodically published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat published ...