Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 3 No. 2 (2022): Desember

Pengaruh Kompetensi Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X di SMKS POOPO

Jerry Wuisang (Universitas Negeri Manado)
Devyano Ranti (Universitas Negeri Manado)
Kevin Rumengan (universitas negeri manado)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Kompetensi Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X di SMKS POOPO Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 dan sampel penelitian 60. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis pengujian korelasi ganda Kompetensi Guru (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) terhadap Hasil belajar siswa (Y), maka diperoleh r = 0,960 dengan koefisien determinasi sebesar r2 = 0 ,7072 atau 70.72%. Selanjutnya apakah koefisien tersebut dapat digeneralisasikan atau tidak, maka harus diuji signifikannya dengan menghitung fhitung dari hasil penelitian yang diperoleh fhitung = 39.29557pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05) diperoleh nilai ftabel = 3.155 ternyata fhitung lebih besar dari ftabel (39.29557> 3 . 155) ini berarti variabel Kompetensi Guru (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) tidak dapat diabaikan sehingga hipotesis Ha. Dari analisis diketahui bahwa terdapat pengaruh secara simultan Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar terhadap hasil belajar siswa di SMKS Poopo.Kata kunci : Kompetensi Guru, Fasilitas dan Hasil Belajar ABSTRAKThis study aims to determine the extent of the influence of teacher competence and learning facilities on the learning outcomes of class X students at SMKS POOPO. The method used in this study uses a quantitative survey method. The population in this study was 60 and the research sample was 60. Based on the results of processing and analysis of the multiple correlation test of Teacher Competence (X1) and Learning Facilities (X2) on student learning outcomes (Y), it was obtained r = 0.960 with a coefficient of determination of r2 = 0 .7072 or 70.72%. Furthermore, whether the coefficient can be generalized or not, it must be tested for its significance by calculating fcount. From the results of the study, it is obtained that fcount = 39.29557 at the 95% confidence level (α = 0.05). ) this means that the variables of Teacher Competence (X1) and Learning Facilities (X2) cannot be ignored so that the hypothesis Ha. From the analysis it is known that there is a simultaneous influence of Teacher Competence and Learning Facilities on student learning outcomes at SMKS Poopo.Kata Kunci : Kompetensi Guru, Fasilitas dan Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...