Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi
Vol. 1 No. 4 (2022): Oktober - Desember

Pengembangan Aplikasi Qur’an Hadist Learning (QHL) Pada Kelas VIII di MTs Negeri 18 Jombang

Miftachur Rochmah, Defi (Unknown)
Rohmah, Hidayatur (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Al-Qur’an Hadist merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di lembaga Madrasah, baik Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, maupun Madrasah Aliyah. Al-Qur’an Hadist berisi materi yang berhubungan dengan Al-Qur’an dan Al-Hadist, yang mana keduanya merupakan sumber pokok ajaran agama islam yang harus dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 18 Jombang dan ditemukan permasalahan salah satunya yakni pemilihan media pembelajaran yang kurang tepat. Teknologi yang sudah semakin canggih menuntut pendidik untuk berinovasi dalam menciptakan media pembelajaran yang menyenangkan. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala atau permasalahan tersebut salah satunya dengan membuat media pembelajaran berbasis aplikasi yang bernama Qur’an Hadist Learning (QHL). Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran Aplikasi QHL pada mata pelajaran Qur’an Hadist. Metode Penelitian yang digunakan yakni metode pengembangan Research and Development (RnD) dengan model penelitian ADDIE. Respon peserta didik mengenai media pembelajaran Qur’an Hadist Learning diperoleh hasil persentase sebesar 87,67% yang menyatakan bahwa media pembelajaran Qur’an Hadist Learning “Sangat Layak” Untuk digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpst

Publisher

Subject

Automotive Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi (E-ISSN : 2963-5373) Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan oleh CV.ITTC – INDONESIA. Redaksi menerima kiriman hasil kajian dan penelitian di bidang ilmu , Pengembangan dan implementasi model pembelajaran, Pengembangan bahan ajar, ...