cover
Contact Name
Rometdo Muzawi
Contact Email
muzawirometdo89@gmail.com
Phone
+6281377008616
Journal Mail Official
jpstjurnal@gmail.com
Editorial Address
http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/about/editorialTeam
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi
ISSN : -     EISSN : 29635373     DOI : https://doi.org/10.47233/jpst
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi (E-ISSN : 2963-5373) Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan oleh CV.ITTC – INDONESIA. Redaksi menerima kiriman hasil kajian dan penelitian di bidang ilmu , Pengembangan dan implementasi model pembelajaran, Pengembangan bahan ajar, Teknologi Pembelajaran, Analisis Kebijakan Pendidikan, Pembelajaran Online, Media Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, dan Model Pembelajaran, Matematika Terapan dalam Pendidikan dan Industri, Fisika Terapan dalam Pendidikan dan Industri, Biologi Terapan dalam Pendidikan dan Industri, Kimia Terapan dalam Pendidikan dan Industri, Teknik Elektronika, Big Data, Robotika, Teknologi Masa Depan, Kecerdasan Buatan, Teknik Elektro, Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Teknik Telekomunikasi, Informasi, Teknologi Komunikasi, dan Teknologi Cerdas. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan juni dan desember.
Articles 191 Documents
Penentuan Unsur Hara Nitrogen Dari Daun Kelapa Sawit Secara Titrimetri Rudi Munzirwan Siregar; Putri anggita widodo
Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.114 KB)

Abstract

Penelitian tentang Penentuan Unsur Hara nitrogen dari daun kelapa sawit secara titrimetri telah dilakukan. Titrimetri adalah suatu analisa volumetris dimana larutan yang kadarnya hendak ditentukan direaksikan dengan larutan pereaksi yang sesuai kadarnya telah diketahui dengan pasti/tepat sampai tercapai titik setara (titik equivalen). Penambahan dilakukan dengan tetes demi tetes dengan memakai alat titrai yaitu buret. Dari hasil analisa ini kadar rata-rata N yang terdapat dalam daun yang diperoleh dari sepuluh sampel daun kelapa sawit yang dilakukan secara duplo (dua kali pengukuran untuk satu sampel) dapat dikategorikan normal, berarti pada keadaan ini tanaman kelapa sawit harus sedikit diberi pupuk nitrogen sesuai dengan perbandingan yang tepat.
Penentuan Plastisitas Awal Karet Dengan Bahan Pengisi Arang Rudi Munzirwan Siregar
Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (797.203 KB)

Abstract

Penelitian tentang Penentuan Plastisitas Awal karet dengan penggumpal asam asetat telah dilakukan. Kedalam lateks ditambahkan arang tempurung kelapa (ukuran partikel 80 mesh) sebanyak 42 gram, kemudian lateks digumpalkan dengan asam asetat dengan pH 4,7. Sebagai kontrol digunakan asam asetat untuk menggumpalkan karet tanpa penambahan tempurung kelapa.Penelitian mutu karet dilakukan dengan mengukur plastisitas awal karet.Dari hasil Penelitian ternyata diperoleh bahwa nilai plastisitas awal karet dengan penambahan arang ke dalam lateks yaitu 46 , sedangkan nilai plastisitas awal karet untuk kontrol (tanpa penambahan arang) yaitu 45,5. Hal ini berarti nilai plastisitas awal karet dengan penambahan arang ke dalam lateks lebih tinggi bila dibandingkan kontrol (tanpa penambahan arang) sehingga mutu karet yang dihasilkan lebih tinggi dan mutunya lebih baik
Sistem Informasi Pendataan Siswa Berprestrasi Dan Kurang Mampu Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin Menggunakan Bahasa Pemrograman Phpmysql Idwar Idwar
Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1328.677 KB)

Abstract

Dalam upaya pemerataan kesempatan memperoleh pedidikan dan meningkatkan mutu pendidikan serta pembangunan pendidikan yang tepat sasaran sesuai dengan kondisi kebutuhan real sampai ke tingkat satuan pendidikan maka diperlukan upaya untuk memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya. Informasi yang akurat dapat diperoleh dari data yang valid dan shahih. Pendataan siswa berprestrasi dan kurang mampu pada sekolah tingkat Dikdas dan Dikmen yang berada di lingkungan dinas pendidikan Kabupaten Merangin adalah untuk memperoleh data secara langsung yang cepat, akurat, valid, lengkap, dapat dipertanggungjawabkan dan termutakhir. Dengan adanya penerapan sistem baru secara terkomputerisasi yang mana pengimputan, penambahan, penghapusan, pengeditan, ataupun pembuatan laporan dengan menggunakan pemograman yang telah dirancang, maka pengolahan data dan proses pengimputan hasil data siswa berprestrasi dan kurang mampu lebih efektif
Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Untuk Pencarian Alamat Sma/Sederajat Di Kota Padang Sularno Sularno
Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1609.942 KB)

Abstract

Penggunaan cara - cara manual dalam pencarian alamat sekolah – sekolah SMA / Sederajat di Kota Padang seperti tenaga promosi bertanya kepada para masyarakat sekitar, sesuai pengetahuan para tenaga promosi dan terkadang kurang informasi serta waktu tempuh tidak bisa di perkirakan, jalan alternatif dan arah dimana hal tersebut dinilai juga kurang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) membangun sebuah aplikasi map berbasis android untuk menemukan informasi alamat SMA/Sederajat se Sumatera barat, (2) mengatasi kendala yang sedang dihadapi, usulan aplikasi yang baru, serta kelayakan aplikasi yang diusulkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) Hasil dari penelitian diketahui bahwa: (1) aplikasi GIS dikembangkan dengan perangkat lunak android studio dengan melalui berapa proses pengembangan perangkat lunak yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain, tahap implementasi, dan tahap pengujian, (2) Aplikasi ini menampilkan hal-hal yang berkaitan dengan informasi mengenai lokasi sekolah-sekolah yang ada di Kota Padang seperti info – info lokasi sekolah, jalan alternatif menuju kesekolah tersebut dengan penunjuk arah Google Maps, lokasi pengguna saat mengakses aplikasi peta sekolah di Kota Padang, dan lokasi sekolah terdekat
Sistem Informasi Manajemen Aset Pada Pemerintah Kabuaten Merangin Idwar Idwar
Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1128.188 KB)

Abstract

Pengolahan Sistem Informasi Manajemen Asset merupakan bagian penting untuk mengetahui perkembangan kinerja dan mutu sebuah lembaga. sistem pengolahan data asset yang sedang berjalan saat ini di Kabupaten Merangin masih mengacu pada sistem manual dengan menggunakan berkas-berkas sebagai sarana pendokumentasian data. Pengolahan data dengan cara ini dinilai banyak menimbulkan masalah pada pemrosesan data asset, metode yang digunakan adalah deskriptif berupa observasi dan wawancara. Pembahasan asset pada saat proses pengecekan barang yaitu pengendalian terhadap pemakaian barang disetiap divisi kurang terkontrol karena pemakaian barang tidak terinci sehingga tidak diketahui dengan pasti berapa jumlah barang atau peralatan kantor yang masih tersedia dan kondisi barang yang masih bisa dipergunakan. Dari pembahasan tersebut dibuat sistem informasi manajemen asset yang terintegrasi, sehingga dapat mempermudah proses pendataan asset serta informasi yang akurat.
Pengaruh Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 101874 Desa Tumpatan Nibung Syarifah Ainun Harahap ainun
Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (888.948 KB) | DOI: 10.47233/jpst.v1i2.223

Abstract

This research aims to ; knowing the students' reading interest, knowing the students' narrative writing skills, knowing the effect of reading interest on the narrative writing skills of the fifth graders of SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung. This research is a quantitative research. The population of this research is 17 students. Sampling using total random sampling. The variables studied were interest in reading and writing narratives. Data collection techniques using agket and tests. The validation test uses the Product Moment formula, while the reliability test uses the Alpha formula. Descriptive analysis by presenting data through tables, while parametric analysis through product moment correlation techniques. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that, "1) students' reading interest is categorized as good, which is 47.1%, 2) students' writing skills are in good category, which is 35.3%, and 3) there is a positive and significant influence. between reading interest and narrative writing skills of fifth graders at SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung Village. This is indicated by the value of rcount>rtable (0.555>0.227).
Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 7 Bukittinggi Sitto Rahmana
Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.702 KB) | DOI: 10.47233/jpst.v1i2.248

Abstract

Education is a shared responsibility between families, communities and the government. School is only a helper for the continuation of education in the family, because the first and foremost education a child gets is from the family. The child's attitude towards school will mainly be influenced by the attitude of his parents. Parents must pay attention to their children's schooling, that is by paying attention to their experiences and appreciating all their efforts. In this study, it will examine the attention of parents to the learning outcomes of PAI class VII students of SMP 7 Bukittinggi. Based on the results of the variable analysis calculations carried out, by accepting the first hypothesis (H1) and rejecting the null hypothesis (Ho) where the calculated F value is greater than the F table value at a significant level of 5% with db reg b/a = 1 and dbres = 27-2 = 25, that is 91.58 > 4.24. This means that parental attention has a positive effect on students' Islamic education learning outcomes, with a coefficient of determination of 0.7849. These results indicate that the magnitude of the contribution of parental attention to student learning outcomes of PAI is 78.49%, while the remaining 21.51% is determined by a number of other factors such as the student's own internal factors, such as physical factors (health) and psychological factors (motivation, attention and concentration) or from other external factors, such as friends and teachers. This is in accordance with the opinion of Naglim Purwanto who said that there are three kinds of educational environment, namely the family environment, school environment and community environment.
Manusia Dalam Perspektifal-Qur'an Kajian Pendidikan Islam Sitto Rahmana
Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1431.823 KB) | DOI: 10.47233/jpst.v1i2.249

Abstract

Humans as the most perfect creatures created by Allah SWT place humans as servants of Allah and the caliph of Allah fi al-ardh who are tasked and responsible for prospering life on earth in accordance with Allah's commands. To prepare the next generation of the caliphate in accordance with religious values, humans need to get a good education. The purpose of this article is to describe humans in the perspective of the Qur'an in the study of Islamic religious education. With information analysis method with content analysis approach (content analysis). In the Qur'an, humans are referred to by several terms, namely: al-Insan, al-Ins, al-Basyar, Bani Adam and an-Nas. All human terms mentioned in the Qur'an have various potentials and characteristics inherent in each human being. Therefore, in order for all the potential possessed by humans to be better directed, it needs to be fostered and developed as a whole to achieve perfection through a good and correct educational process.
Penguatan Hasil Belajar Peserta Didik Terhadap Assesmen Dengan Memanfaatkan Paradigma Baru Ani Anjarwati; Putri Fatimattus Az-Zahra; Dita Refani Putri; Rr Ghina Ayu Putri Tya Kunanti; Dewi Rafika Nur Diana
Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1006.323 KB) | DOI: 10.47233/jpst.v1i2.263

Abstract

In the 21st century learning period requires educators to be more skilled in processing learning media as creatively as possible by utilizing current technological developments. Utilization of this technology can be used as a solution to improve student learning outcomes in understanding HOTS assessment. This research was conducted at Kedungdalem 2 Public Elementary School Class 5 by focusing on the material "Human Circulatory System" which was considered difficult for students to understand. In its implementation, the researchers utilized a 4D application-based learning media, namely "DEVAR" as a learning medium with PjBL and Scientific learning models. The method in research is Classroom Action Research which is a controlled investigative process to find and solve learning problems in the classroom. The results obtained in conducting classroom action research using the "DEVAR" application were carried out well by the researchers, so that the initial pre-test increased by 26.93% and the post-test increased to 42.30%.
Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Mengenai Perubahan Wujud Benda Pada Mata Pelajaran IPA Ani Anjarwati; Ika Setyawati; Nur Aulia Wijaya; Rita Sholeha; Sabrina Dwi Maulidia Putri
Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1418.177 KB) | DOI: 10.47233/jpst.v1i2.276

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam kurikulum merdeka telah berganti menjadi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Melakukan praktik mengajar di Sekolah Dasar Negeri Sumber Taman II Kota Probolinggo. Dengan mengambil mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) dengan materi Perubahan Wujud Benda. Kelas yang diampuh saat praktik mengajar yaitu Kelas IV A dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 orang. Praktikum ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu peserta didik menangkap materi melalui percobaan konkrit yang pemateri lakukan serta meningkatkan pemahaman peserta didik dari segi kognitif, afektif dan psikomotor serta mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Prosedur praktikum meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi. Hasil praktikum menunjukkan bahwa penerapan materi dengan cara menggunakan teknik dan metode pembelajaran yang telah tersusun secara sistematis sehingga terpenuhinya tujuan dari proses pembelajaran yaitu praktikum dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta didik dengan menggunakan motode serta alat dan media penunjang pembelajaran. Peningkatan pemahaman peserta didik nampak setelah praktikum dilaksanakan. Untuk mempermudah proses pembelajaran diperlukannya sarana dan prasarana untuk membantu peserta didik memahami materi yang sampaikan. Serta pembuatan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam memaparkan dan menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam kurikulum merdeka telah berganti menjadi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Melakukan praktik mengajar di Sekolah Dasar Negeri Sumber Taman II Kota Probolinggo. Dengan mengambil mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) dengan materi Perubahan Wujud Benda. Kelas yang diampuh saat praktik mengajar yaitu Kelas IV A dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 orang. Praktikum ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu peserta didik menangkap materi melalui percobaan konkrit yang pemateri lakukan serta meningkatkan pemahaman peserta didik dari segi kognitif, afektif dan psikomotor serta mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Prosedur praktikum meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi. Hasil praktikum menunjukkan bahwa penerapan materi dengan cara menggunakan teknik dan metode pembelajaran yang telah tersusun secara sistematis sehingga terpenuhinya tujuan dari proses pembelajaran yaitu praktikum dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta didik dengan menggunakan motode serta alat dan media penunjang pembelajaran. Peningkatan pemahaman peserta didik nampak setelah praktikum dilaksanakan. Untuk mempermudah proses pembelajaran diperlukannya sarana dan prasarana untuk membantu peserta didik memahami materi yang sampaikan. Serta pembuatan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam memaparkan dan menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas.

Page 1 of 20 | Total Record : 191