Mata pelajaran ekonomi perlu diajarkan disetiap jenjang pendidikan untuk membekali siswa dengan mengembangkan kemampuan dalam mengkomunikasikan ide atau gagasan untuk memperjelas suatu keadaan atau masalah. Salah satu penyebab dalam masalah ini adalah kurang tepatnya pendekatan atau model yang diterapkan oleh guru yang digunakan dalam proses belajar. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar melalui kemampuan komunikasi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Soromandi pada Ilmu ekonomitahun pelajaran 2019/2020. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Soromandi yang terdiri dari 30 siswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan persiklus dimana hasil skor rata-rata siswa persiklus 63,84 dengan ketuntasan 76,9% meningkat menjadi 66,73 dengan ketuntasan 91,3%. Hasil ini telah memenuhi kriteria ketuntasan sesuai dengan indikator penilitian yaitu dengan rata-rata hasil ≥ 85% siswa mendapat nilai 66,73. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar melalui kemampuan komunikasi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Soromandi tahun pelajaran 2019/2020.
Copyrights © 2022