Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2016: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik dengan Hasil Belajar Matematika (Studi Asosiatif pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)

Zuroh Marfu'ah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Idris Harta (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan asosiatif antara gaya belajar dengan hasil belajar. Gaya belajar yang diteliti adalah gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desaian penelitian hubungan asosiatif. Populasi penelitian 453 siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Surakarta. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI Desain Komunikasi Visual sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan koefisien kontingensi yang sebelumnya menghitung nilai Chi-Square dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan kesimpulan tidak ada hubungan asosiatif antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...