Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2016: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa

Rizka Ni'matillah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Budi Murtiyasa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) konstribusi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar, (2) konstribusi kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar, (3) interaksi pembelajaran matematika berbasis RME dan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Baki tahun 2015/2016. Sampel dari penelitian ini dua kelas. Kelas pertama sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran berbasis RME dan kelas kedua sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan. Dari hasil penelitian pada  = 0,05 diperoleh: (1) terdapat konstribusi pembelajaran matematika berbasis RME terhadap hasil belajar dengan Fobs = 5,573185 > F = 4,01; (2) terdapat konstribusi kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar dengan Fobs = 15,95437 > F = 3,16; (3) terdapat interaksi pembelajaran matematika berbasis RME dan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar dengan Fobs = 3,445566 > F = 3,16.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...