Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X DI SMAN 2 KOTA BIMA

Nurfidianti Annafy (Prodi Pendidikan Kimia STKIP Bima)
Magfirah Perkasa (Prodi Pendidikan Kimia STKIP Bima)
Arif Munandar (Prodi Pendidikan Kimia STKIP Bima)
Putri Ayu mutmainnah (Prodi Pendidikan Kimia STKIP Bima)
Diah Rahayu Kartikasari (Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMAN 2 Kota Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi ekperimen design dengan rancangan penelitian posstest only design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 39 orang di kelas MIA 2 dan MIA 3 yang berjumlah 39 orang. Hasil analisis data,diperoleh rata-rata posstest pada kelas eksperimen diperoleh seebesar 63,65 sedaangkan kelas kontrol 53,26. Hasil perhitungan uji Mann Whitney U data hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sebesar 0.002, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Redoks merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian berupa karya ilmiah dibidang Pendidikan Kimia, Ilmu Kimia, Kimia Terapan, Inovasi Kimia dan umumnya IPA dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi ...