Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 PALIBELO PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN GARAM

Sri Susanti (STKIP Bima)
Nurfidianty Annafi (STKIP Bima)
Agrippina Wiraningtyas (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5e terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa XI IPA SMAN 1 Palibelo pada materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam. penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palibelo yang beralamatkan di jalan Syekh Subu, Kecematan Palibelo, Kabupaten Bima. Penelitian ini dilaksanakan di semester Genap tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam. Hasil analissis data menggunakan statistik uji-t diperoleh nilai 0,003, karena nilai (0,003 < 0,05) maka h0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data posttest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,26 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 62,47 karena adanya perbedaan nilai rata-rata kedua kelas yakni lebih tinggi nilai kelas eksperimen dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Learning Cycle 5E dapat berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Redoks merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian berupa karya ilmiah dibidang Pendidikan Kimia, Ilmu Kimia, Kimia Terapan, Inovasi Kimia dan umumnya IPA dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi ...