Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH DENA PADA MATERI STOIKIOMETRI

Nurul Khairani (STKIP Bima)
Sry Agustina (STKIP Bima)
Agrippina Wiraningtyas (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Mata pelajaran kimia materi stoikiometri terkesan abstrak bagi siswa terutama pada kondisi siswa yang kurang aktif pada saat proses pembelajaran, diperlukan sebuah model pembelajaran yang ditambahkan strategi peta konsep didalamnya yang akan membantu siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL menggunakan strategi peta konsep. Model PBL dengan strategi peta konsep diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi guru-guru kimia untuk digunakan dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperime semu (quasi-eksperimental research) yaitu penelitian yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan dengan melakukan pengujian hipotesis yang didalamnya diberi perlakuan untuk mengontrol semua variabel yang ada.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Redoks merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian berupa karya ilmiah dibidang Pendidikan Kimia, Ilmu Kimia, Kimia Terapan, Inovasi Kimia dan umumnya IPA dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi ...