Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SMAN 1 SOROMANDI

Sunti Sunti (STKIP Bima)
Nurfidianty Annafi (STKIP Bima)
Magfirah Perkasa (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia antara kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada pokok bahasan larutan penyangga dikelas XI SMAN 1 Soromandi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari perbedaan nilai postets. Pada kelas eksperimen, nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebesar 81.18 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebesar 77.47. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbhedaan yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Redoks merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian berupa karya ilmiah dibidang Pendidikan Kimia, Ilmu Kimia, Kimia Terapan, Inovasi Kimia dan umumnya IPA dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi ...