EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 8, No 1 (2023): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

DETEKSI PENCEMARAN AIR DANAU TALANG DAN DANAU TAMBAU NAGARI KAMPUNG BATU DALAM KECAMATAN DANAU KEMBAR KABUPATEN SOLOK SECARA SEDERHANA

Yusni Atifah (Universitas Negeri Padang)
Afifatul Achyar (Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Padang Indonesia)
Gilang Amanda (Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Padang Indonesia)
Hafizh Alza Afra (Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Padang Indonesia)
Threo Wanda Marten (Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Padang Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Danau Tambau dan Danau Talang merupakan danau yang berada di Jorong Air Tawa Utara, Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok. Kedua danau ini dikelola oleh masyarakat setempat dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Begitu pentingnya kedua danau ini bagi masyarakat sekitar, maka penting dilakukan konservasi dan perlindungan agar kualitas danau ini tetap terjaga. Sebagai upaya awal dalam langkah konservasi maka perlu dilakukan deteksi awal terjadinya pencemaran. Deteksi pencemaran secara sederhana penting untuk dilakukan oleh masyarakat dalam mendeteksi adanya pencemaran sedini mungkin sebagai langkah preventif dalam konservasi perairan. Metode yang digunakan adalah observasi dan eksperimen. Prosedur deteksi pencemaran dilakukan melalui tiga jenis analisis secara fisika, biologi dan kimia sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa air danau tambau terindikasi mengalami pencemaran melalui uji fisika, kimia dan biologi sederhana sehingga air danau tambau tidak bisa digunakan sebagai sumber air minum. Air danau talang dan kontrol menunjukkan hasil yang relatif sama dengan kualitas air yang cukup baik dan belum terindikasi adanya pencemaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...