SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 4, No 3 (2022)

Perancangan Model Bisnis Usulan Bababiya Food dengan Kerangka Business Model Canvas

Dwi Cahyaningrum (PPs STIE Amkop Makassar)
Farda Hasun (Unknown)
Maria Dellarosawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Abstrak Bababiya Food merupakan suatu usaha yang bergerak pada bidang kuliner dengan menu utama yaitu bakso dandang dan mie ayam box. Proses penjualan produk Bababiya Food ini dilakukan secara online dan offline. Saat ini, Bababiya Food mengalami permasalahan berupa turunnya omzet penjualan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor baik itu dari sisi pemasaran, proses produksi, fasilitas produksi, dan ketersediaan stok produk. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan adanya evaluasi atas model bisnis yang sudah ada untuk kemudian dilakukan proses perancangan model bisnis usulan Bababiya Food. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan model bisnis saat ini, mengevaluasi model bisnis saat ini dengan menggunakan analisis SWOT, dan merancang model bisnis usulan dengan menggunakan Business Model Canvas. Usulan perbaikan model bisnis yang diajukan mencakup berbagai blok. Di blok value propositions, diusulkan kemasan yang aman, produk tanpa bahan pengawet, produk bersertifikasi halal, harga terjangkau, produk bervariasi, produk berkualitas, cita rasa enak dan konsisten, serta paket gift. Di blok key activities, terdapat usulan mengikuti webinar atau pelatihan, melakukan perencanaan persediaan dan perencanaan produksi, serta standarisasi resep. Pembukaan franchise diusulkan sebagai perbaikan di blok revenue stream, sedangkan di blok customer relationship diusulkan program referral pelanggan dan adanya layanan pelanggan. Perbaikan lain adalah penambahan mesin produksi pada blok key resources. Kata kunci : Business Model Canvas, Bababiya Food, bakso dandang, Customer Profile, Analisis SWOT

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...