Industri pariwisata pempunyai kontribusi besar dalam membangun perekonomian Daerah maupun Nasional. Pariwisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah maupun Swasta juga berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kabupaten Kendal merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki aneka ragam pariwisata. Salah satu objek wisata yang menjadi unggulan adalah pariwisata Pantai Ngebum. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations yang dijalankan oleh BUMDes Moro Bekah sebagai Lembaga Pengelola Pantai Ngebum dalam meningkatkan pengunjung ditengah-tengah persaingan destinasi wisata yang semakin massif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mempertajam analisis, maka dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Marketing Public Relations (MPR) Kotler & Keller. Terdapat beberapa temuan strategi marketing public relations sebagai hasil dari penelitian ini yaitu diseleggarakannya beberapa events yang sifatnya rutin maupun memperingati momen tertentu, publication, news, dan public service activity. Sedangkan untuk sponsorship, speeches dan identity media masih sangat terbatas eksekusinya sehingga perlu dimaksimalkan sebagai komponen strategi promosi.
Copyrights © 2022