An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Vol 14, No 2 (2022)

Strategi Promosi Pariwisata: Studi Atas Marketing Public Relation Pantai Ngebum Kendal

Ahmad Anif Syaifudin (Universitas Selamat Sri)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2023

Abstract

Industri pariwisata pempunyai kontribusi besar dalam membangun perekonomian Daerah maupun Nasional. Pariwisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah maupun Swasta juga berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kabupaten Kendal merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki aneka ragam pariwisata. Salah satu objek wisata yang menjadi unggulan adalah pariwisata Pantai Ngebum. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations yang dijalankan oleh BUMDes Moro Bekah sebagai Lembaga Pengelola Pantai Ngebum dalam meningkatkan pengunjung ditengah-tengah persaingan destinasi wisata yang semakin massif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mempertajam analisis, maka dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Marketing Public Relations (MPR) Kotler & Keller. Terdapat beberapa temuan strategi marketing public relations sebagai hasil dari penelitian ini yaitu diseleggarakannya beberapa events yang sifatnya rutin maupun memperingati momen tertentu, publication, news, dan public service activity. Sedangkan untuk sponsorship, speeches dan identity media masih sangat terbatas eksekusinya sehingga perlu dimaksimalkan sebagai komponen strategi promosi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKIN

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam is a journal published by the faculty of da'wah and communication at Unisnu Jepara, aimed at creating and expanding innovations in the concepts, theories, paradigms, perspectives and methodologies of da'wah and communication, by publishing the results of research ...