Akreditasi sekolah adalah proses penilaian secara komprehensif kelayakan suatu program pendidikan terhadap Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang dilaksanakan sebagai bentuk akuntabilitas publik. Akreditasi dilakukan dengan membandingkan keadaan sekolah yang sebenarnya dengan delapan kriteria (standar) yang ditetapkan. Dalam praktiknya, pemenuhan dan pengembangan delapan standar secara berkelanjutan mengarah pada terselenggaranya pendidikan yang bermutu. Penyelenggaraan akreditasi harus mampu mendorong atau menciptakan suasana yang kondusif bagi pertumbuhan pendidikan dan memberikan arah untuk evaluasi diri secara terus menerus, serta mendorong upaya terus menerus untuk mutu yang diharapkan, sehingga secara tidak langsung dapat menjamin suasana yang kondusif bagi pertumbuhan pendidikan. kualitas pendidikan. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui hasil akreditasi BAN SD dan Madrasah Ibtidayah DKI Jakarta, mulai dari tujuan hingga permasalahan pelaksanaan akreditasi. BAN-S/M dibantu oleh Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah Nasional Provinsi (BAN-S/M Provinsi) dalam melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah.
Copyrights © 2022