Jurnal Perspektif
Vol. 15 No. 2 (2022): Jurnal Perspektif

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI KARAKTER PELAJAR PANCASILA

Widayanto Widayanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2023

Abstract

Penlitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi project based learning (PJBL) untu meningkatkan nilai-nilai karakter pelajar Pancasila pada murid kelas III MI (Madrasah Ibtidaiyah). Dalam penelitian ini guru bertindak sebagai pelaku pembelajaran sedangkan peneliti sebagai observer. Desain penelitian digunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Pelaksanaan penelitian berlangsung pada tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data berupa deskripsi dan disajikan berupa grafik dan tabel. Diperoleh temuan adanya peningkatan nilai-nilai karakter profil pelajar Pancasila murid pada elemen gotong royong, kreatif, bernalar kritis. Kesimpulan PTK ini model pembelajaran PjBL efektif meningkatkan nilai-nilai karakter pelajar Pancasila murid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Perspektif 0n 2020 (p-ISSN: 1979-9624, e-ISSN: 2776-3900) the official scientific journal of Balai Diklat Keagamaan Palembang is entering its 13th year.The printed version was firstly published in 2007.From 2019 onwards, the electronic version was available two times (in june and December). ...