Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi
Vol 10, No 1 (2022)

PENGARUH IKLAN HIJAU (GREEN ADVERTISING) DAN CITRA MEREK HIJAU (GREEN BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (GREEN PRODUCT)

Kurnia Kurnia (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Niar Astaginy (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Ismanto Ismanto (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan hijau (green advertising) dan citra merek hijau (green brand image) terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan (green product). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Garnier di Kabupaten Kolaka dan diambil 60 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknis analisis yang digunkan untuk menguji hipotesis adalah metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan hijau (green advertising) terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan (green product) pada brand Garnier. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung atau t-statistik yaitu 3,844 lebih tinggi dari nilai t-tabel yaitu 1,672 dan pada variabel citra merek hijau (green brand image) menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan karena nilai t-hitung atau t-statistik yaitu sebesar 5,288 lebih tinggi dari nilai t-tabel yaitu 1,672. Maka dapat disimpulkan  kedua variabel dependen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel independen.Kata Kunci: Iklan hijau; citra merek hijau; keputusan pembelian produk ramah lingkungan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

refrensi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi ISSN 2548-6052 (online), ISSN 2089-0532 (cetak), adalah jurnal peer-review yang menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang ilmu manajemen dan akuntansi. Scope jurnal terdiri dari manajemen, manajemen produksi, manajemen ...