Variasi : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim
Vol. 13 No. 2 (2021): Variasi

Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013

Ety Mukhlesi Yeni (Universitas Almuslim)
Riandi Marisa (Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Kajian pustaka ini bertujuan untuk menjelaskan lebih mendalam tentang teori belajar behavioristik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar berdasarkan kurikulum 2013. Teori behavioristik menjadi salah satu landasan teori belajar yang digunakan dalam merancang perangkat pembelajaran. Siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teori behavioristik sama halnya dengan membentuk pola pikir siswa melalui pemberian stimulus respon. Sesuai karakteristik siswa sekolah dasar yang membutuhkan stimulus untuk memahami konsep-konsep materi matematika. Berdasarkan kurikulum 2013 yang memiliki tujuan bahwa pembelajaran harus bermakna bagi siswa, yaitu siswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Maka, guru diharapkan mampu memahami pengetahuan awal, serta sikap dan keterampilan siswa untuk menentukan tujuan pembelajaran yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Lalu, merancang evaluasi formatif yang berguna sebagai umpan balik dari proses pembelajaran yang telah dilaksanakan serta memberikan motivasi dan semangat baru kepada peserta didik dalam rangka mewujudkan perubahan perilaku yang diinginkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

vrs

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim - were published as an information and communication medium as well as a forum for discussion and study of problems in multi-disciplines science, in line with developments in science and technology. VARIASI published in March, June and October. VARIASI ...