Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran berbasis pada masalah dengan aplikasi Good edi dalam pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Pontianak. Pada pemelitian ini, metode digunakan ialah kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber dari data penelitian ialah seorang guru Sosiologi di SMA Negeri 2 Pontianak serta empat siswa kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 2 Pontianak. Adapun hasil penelitian, yaitu adanya acuan dari perencanaan pembelajaran (RPP) daring yang berisi materi Fungsi Sosiologi dalam mengkaji Ragam Gejala Sosial yang telah dibuat pada awal semester 1. Pada pelaksanaan model Problem Based Learning menggunakan aplikasi good edu telah dilaksanakan sesuai dengan RPP terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Hasil yang ditunjukkan adalah siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan melakukan secara individu, menemukan dan mentransformasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat. Dari hasil penelitian, ada tiga ranah dari hasil pembelajaran yang telah menjadi guru. Diantaranya yaitu pada ranah pengetahuanm sikap dan keterampilan.
Copyrights © 2023