Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kerja (Worked Based Learning) Pada Materi Listrik Statis

Saiful Bahry (SMAN 1 Masbagik)
Ari Saputra (Universitas Gunung Rinjani)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Belajar merupakan suatu kegiatan kreatif. Belajar bukan berarti hanya menyerap tetapi juga mengkonstruk pengetahuan. Belajar fisika akan optimal jika siswa terlibat secara aktif dalam membuat, bukan hanya strategi penyelesaian, tetapi juga masalah yang membutuhkan strategi tersebut. Pembelajaran melalui Model Pembelajaran Berbasis Kerja(Worked Based Learning)dapat melatih siswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau soal-soal yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Pada pembelajaran yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Kerja (Worked Based Learning) siswa hanya diminta menyelesaikan soal yang disediakan. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui ketercapaian penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kerja (Worked Based Learning) dalam meningkatkan prestasi siswa pelajaran Fisika. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 61,39% pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 68,22% dan siklus 3mencapai82,78%, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan.Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kerja (Worked Based Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII-IPA-2 dengan ketuntasan mencapai 100%, dengan demikian penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kerja (Worked Based Learning) efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Masbagik Kab. Lombok Timur.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...