Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Studi Center pada Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar Kelas VI SD Negeri 5 Nagrikaler

Wina Mustikaati (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta)
H. Agus Muharam (agusmuharam.yasri@gmail.com)
Shavega Julia Robin (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta)
Septiani Panca Wardani (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta)
Khaila Syanin (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta)
Ashtiani Kholida (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Student center merupakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dari pembelajaran dengan strategi pembelajaran Student-Centered Learning (SCL) . Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan penelitian observasi partisipasi pasif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas 4 UPTD SD Negeri 5 Nagri Kaler. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode SCL ini memiliki dampak yang cukup baik yaitu, membuat para siswa lebih aktif dan bebas mengemukakan pendapat mereka. Adapun kelemahan dari metode SCL ini adalah ketika siswa tidak dapat bekerjasama maka rencana tidak dapat berjalan dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...