Jurnal Agrisistem
Vol. 18 No. 2 (2022): Jurnal Agrisistem

Efektivitas Zat Pengatur Tumbuh Alami dari Ekstrak Bonggol Pisang dan Bawang Merah terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum L.): The Effectiveness of Natural Growth Regulatory Substances from Banana and Onion Webs Extract on Tomato Plants Growth (Solanum lycopersicum L.)

Rachmat Rachmat (Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)
Syaifuddin Syaifuddin (Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)
Pratiwi Hamzah (Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)
Novita Kanan (Jurusan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh zat pengatur tumbuh (ZPT) alami dari ekstrak bonggol pisang dan bawang merah terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.) dengan perlakuan dan dosis terbaik dan mengetahui perubahan tingkat pengetahuan, sikap, keterampilan petani terhadap zat pengatur tumbuh dari ekstrak bonggol pisang dan bawang merah. Dilaksanakan pada April sampai Juni 2022 di Desa Jonjo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan dan penyuluhan dilaksanakan di Kelompok Tani Parangbo’la I Desa Jonjo Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Metode penelitian dilaksanakan dengan menggunakan Uji BNT, yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan dengan masing-masing perlakuan tiap ulangan terdapat 3 sampel tanaman. Dengan perlakuan P0 (tanpa ZPT bonggol pisang dan bawang merah), P1 (ZPT bonggol pisang 50 ml/L air), P2 (ZPT bawang merah 50 ml/L air), dan P3 (ZPT bonggol pisang 25 ml + bawang merah 25 ml/L air). Hasil menunjukkan bahwa perlakuan P2 memberikan pengaruh terbaik pada tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, jumlah bunga dan secara umum terjadi pada pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-Agr

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agrisistem merupakan jurnal yang memuat publikasi hasil-hasil penelitian di bidang pertanian secara makro dan peternakan secara mikro. Bidang pertanian meliputi Agronomi, Agroteknologi, Ilmu Tanah, Hortikultura, Hama dan Penyakit, Perkebunan, dan Teknologi Hasil Pertanian. Bidang Peternakan ...