Penelitian ini difokuskan pada keterampilan membaca di kelas awal. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam proses membaca, baik itu membaca huruf, membaca kata, atau membaca pemahaman. Hasil dari ini penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa di sekolah dasar memiliki kemampuan dan perkembangan yang berbeda pada setiap individu. Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan siswa diantaranya, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan dan faktor lingkungan siswa sekolah. Metode yang seharusnya di pilih oleh pendidik adalah yang mempu membuat siswa lebih menyenangkan dalam pembelajarannya dan memberikan waktu yang efektif. Kemampuan literasi bukan hanya dalam keterampilan membaca dan menulis saja, tetapi sekaligus merangkap dengan keterampilan menyimak dan keterampilan berbicara. Sementara itu untuk literasi memiliki beberapa jenis, diantaranya literasi dasar, literasi perpustakaan, literasi teknologi, media literasi, dan literasi visual.
Copyrights © 2021