JURNAL EDUPENA
Vol. 2 No. 1 (2021): Volume 2, Nomor 1, Juni 2021

PENGGUNAAN METODE EGRA (EARLY GRADE ASSESSMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK KELAS III SISWA SEKOLAH DASAR

Rahmat Sutedi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Evi Rahmawati (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada keterampilan membaca di kelas awal. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam proses membaca, baik itu membaca huruf, membaca kata, atau membaca pemahaman. Hasil dari ini penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa di sekolah dasar memiliki kemampuan dan perkembangan yang berbeda pada setiap individu. Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan siswa diantaranya, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan dan faktor lingkungan siswa sekolah. Metode yang seharusnya di pilih oleh pendidik adalah yang mempu membuat siswa lebih menyenangkan dalam pembelajarannya dan memberikan waktu yang efektif. Kemampuan literasi bukan hanya dalam keterampilan membaca dan menulis saja, tetapi sekaligus merangkap dengan keterampilan menyimak dan keterampilan berbicara. Sementara itu untuk literasi memiliki beberapa jenis, diantaranya literasi dasar, literasi perpustakaan, literasi teknologi, media literasi, dan literasi visual.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnaledupena

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Edupena diterbitkan oleh sebuah Yayasan yang bernama EDUPENA dengan Akta Notaris No. 1 tanggal 07 Juli 2018 dan SK MENKUMHAM RI No. AHU-0009222.AH.01.04.Tahun 2018 dengan Alamat: Pondok Hijau Indah Blok Viola No.3 – Bandung. Jurnal ini berisi tulisan hasil sebuah penelitian dan kajian dalam ...