Penelitian ini membahas tentang Kualitas Pelayanan Institusi pada Dosen dan Tenaga Kependidikan FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan keterbatasan yang menjadi kendala kendala atas pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Institusi pada Dosen dan Tenaga Kependidikan FISIP UMJ. Menggunakan pisau analisis Teori Parasuraman (1990) dalam buku Teori Administrasi Publik yang di tulis oleh Harbani Pasolong (2014) pada lima indikator untuk mengukur kualitas pelayanan yaitu: Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangibel. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan jumlah informan sebanyak 10 (sepuluh) orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling 3 orang dan accidental sampling 7orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Selain itu uji keabsahan data dengan menggunakan metode Triangulasi Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Institusi pada Dosen dan Tenaga Kependidikan FISIP UMJ masih baik, diukur dari lima indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan Institusi FISIP UMJ dengan Reliability, Responsiveness, Assurance, Empaty dan Tangibles.
Copyrights © 2023