Jurnal Ilmiah Bashrah
Vol 1 No 02 (2021): EDISI NOVEMBER 2021

STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII SMP DARU ULIL ALBAB TEGAL 2020/2021

Mustofa Kamal (Unknown)
Saeful Mujab (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini mengacu pada tiga pokok permasalahan antara lain; 1.Untuk mengetahui cara guru memberikan stimulus kepada siswa dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VIII SMP Daru Ulil Albab Tegal, 2. Untuk mengetahui respon yang ditunjukan oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VII SMP Daru Ulil Albab Tegal, 2. Untuk mengetahui faktor penghambat stimulus dan respon dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VII SMP Daru Ulil Albab Tegal. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah deskriptif kualitatif Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan metode analisis kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah selesai di lapangan. Hasil penelitian ini ialah; stimulus yang dapat diberikan oleh guru dalam pembelajaran diantaranya (1) Penggunaan variasi metode mengajar, materi, dan buku penunjang, (2) pemberian nilai, (3) pemberian hukuman, dan (4) pemberian pujian atau penghargaan. Respon yang ditunjukkan siswa dalam pembelajaran diantaranya (1) Respon Perseptual, (2) Respon Emosional, dan (3) Respon Behavioristik. Faktor penghambat stimulus dan respon dalam pembelajaran yaitu faktor intern dan faktor ekstern siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bashrah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Bashrah adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan, pengajaran dan pengembangan di bidang pendidikan bahasa Arab dan kebahasa araban. Setiap edisi yang diterbitkan, mengangkat tema-tema kajian ...