cover
Contact Name
Mochamad Afroni
Contact Email
afroni.04@gmail.com
Phone
+6285741103552
Journal Mail Official
bashrahjurnal.pmlg@gmail.com
Editorial Address
Jl. D.I. Panjaitan Km 3 Paduraksa Pemalang Telp. (0284) 323741 Kode Pos 52319 Website : http://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/bashrah/index E-mail : bashrahjurnal.pmlg@gmail.com/bashrah@journal.stitpemalang Penerbit : STIT Press
Location
Kab. pemalang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Bashrah
Published by STIT Pemalang
ISSN : 27765962     EISSN : 28090349     DOI : https://doi.org/10.58410/bashrah.v2i2
Bashrah adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan, pengajaran dan pengembangan di bidang pendidikan bahasa Arab dan kebahasa araban. Setiap edisi yang diterbitkan, mengangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi PBA dan publikasi karya ilmiah dosen dan pemerhati pendidikan dan kebahasaan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian bagi masyarakat yang ingin membahas tentang pola pengembangan ilmiah. Bashrah terbit pada Edisi November dan April setiap tahunnya, di mana masing-masing terbitan dimuat 5 (lima) artikel ilmiah.
Articles 25 Documents
PERAN MEDIA POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X. DI MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA MERENG PEMALANG TAHUN 2019 Ibni Trisal Adam; Laras Ayu
Bashrah Vol 1 No 01 (2021): EDISI APRIL 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.709 KB) | DOI: 10.58410/bashrah.v1i01.310

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena media pembelajaran dapat mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan di kelas. Dalam proses pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas X. di Madrasah Aliyah Nurul Huda Mereng dengan menggunakan media PowerPoint. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peran media PowerPoint dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Huda Mereng Warungpring.Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian riset yang menghasilkan data deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Penelitian ini bertujuan : a. Untuk mengetahui penggunaan media PowerPoint materi fasilitas umum, b. Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X. Madrasah Aliyah Nurul Huda Mereng, c.Untuk mengetahui peran media PowerPoint materi fasilitas umum di sekolah bagi siswa kelas X. Madrasah Aliyah Nurul Huda Mereng Warungpring. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data utama (primer) dari guru Mata Pelajaran Bahasa Arab dan siswa kelas X. Mereng Warungpring. Sedangkan sumber data tambahan (sekunder) berisi tentang dokumen-dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari beberapa indikator peran media PowerPoint yaitu : Pertama, Penggunaan Media PowerPoint salah satu software yang dirancang khusus untuk mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan, mudah dalam penggunaan dan relatif murah, karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpanan data (data storage). Kedua, Hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas X. di Madrasah Aliyah Nurul Huda Mereng mengalami peningkatan, secara kualitas dan kuantitas media pembelajaran sangat memberikan kontribusi terhadap hasil maupun proses pembelajaran.Ketiga, Peran Media PowerPoint (slide show) pada pembelajaran Bahasa Arab kelas X. di Madrasah Aliyah Nurul Huda Mereng memiliki peranan penting dalam tujuan belajar pada pembelajaran bahasa Arab di kelas.
PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK SIKAP NASIONALISME PONDOK PESANTREN AL FALAH KEC. WARUNGPRING PEMALANG Mochamad Afroni; Lidya Nur Afifah
Bashrah Vol 1 No 01 (2021): EDISI APRIL 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.508 KB) | DOI: 10.58410/bashrah.v1i01.311

Abstract

Pokok dari Penelitian ini membahas tentang ;1.Untuk mengetahui bagaimana sikap nasionalisme santri di pondok pesantren Al Falah Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang, 2. Untuk mengetahui Bagaimanakah proses pembentukan sikap nasiolisme santri di pondok pesantren Al Falah Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang, 3.Untuk mengetahui kendala apa saja dalam proses pembentukan sikap nasionalisme santri di pondok pesantren Al Falah Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah deskriptif kualitatif .. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan metode analisis kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah selesai di lapangan. Hasil penelitian ini ialah; stimulus yang dapat diberikan oleh guru dalam pembelajaran diantaranya.1. Internalisasi sikap nasionalisme santri di pondok pesantren Al Falah Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang, 2. Proses pembentukan sikap nasiolisme santri di pondok pesantren Al Falah Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang, 3.Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembentukan sikap nasionalisme santri di pondok pesantren Al Falah Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang.
PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI MEDIA FILM KARTUN UPIN DAN IPIN DI DESA BANYUMUDAL KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2019 Amiroh; Anita Salsabila
Bashrah Vol 1 No 01 (2021): EDISI APRIL 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.3 KB) | DOI: 10.58410/bashrah.v1i01.313

Abstract

Penelitian ini terdapat dua pokok pembahasan antara lain; 1 Untuk mengetahui Bagaimanakah Pendidikan Akhlakul Karimah anak-anak di Desa Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang, 2. Untuk mengetahui Bagaimanakah Pendidikan Akhlakul Karimah Anak-Anak di Desa Banyumudal Kecamatan Moga setelah melihat tayangan film kartun Upin dan Ipin. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah deskriptif kualitatif Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan metode analisis kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah selesai di lapangan. Hasil penelitian ini ialah; stimulus yang dapat diberikan oleh guru dalam pembelajaran diantaranya (1) Pendidikan Akhlak Anak di Desa Banyumudal, (2) Pendidikan Akhlak Melalui Media Film Kartun Upin dan Ipin Anak-Anak di Desa Banyumudal.
PENERAPAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 01 TAMAN KECAMATAN TAMAN Achmad Zainudin; Ahmad Khalimi
Bashrah Vol 1 No 01 (2021): EDISI APRIL 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/bashrah.v1i01.314

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di Sdn 01 Taman Kecamatan Taman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di Sdn 01 Taman Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Taman Kecamatan Taman sudah cukup baik, beliau mampu bersikap inklusif dan mudah dalam bergaul. Namun dalam berinteraksi dengan orang tua dan masyarakat kurang optimal. 2) Ketidakoptimalan itu terjadi karena kurangnya komunikasi dan waktu untuk berbincang, waktu terbatas ketika proses pengambilan raport. 3) Kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa di SDN 01 Taman Kecamatan Taman yaitu kurangnya perhatian orang tua kepada anak, sehingga semangat belajar anak rendah. Selain itu faktor ekonomi orang tua siswa yang mayoritas menengah ke bawah, secara tidak langsung dapat menghambat anak dalam belajar. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SDN 01 Taman Kecamatan Taman adalah pemberian motivasi belajar kepada anak, membuat kelompok belajar di kelas, kerja sama dengan orang tua dan masyarakat.
Pengaruh Shalat Berjamaah Terhadap Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok Pesantren Al-Munawwar Banyumudal Moga Aziz Muzayin; Muhammad Aminudin
Bashrah Vol 1 No 01 (2021): EDISI APRIL 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.544 KB) | DOI: 10.58410/bashrah.v1i01.315

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengenali perasaan, kemampuan memotivasi diri sendiri dan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Untuk mencapainya dengan melaksanakan shalat berjamaah. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh shalat berjamaah terhadap kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Al-Munawwar Banyumudal Moga tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mencapai tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi product moment. Data kemudian dianalisis dengan metode korelasi product moment dengan menggunakan alat bantu SPSS for windows versi 20. Dari data yang didapat diinterpretasikan bahwa shalat berjamaah mempunyai hubungan signifikan dengan kecerdasan emosional.
PERANAN GURU MELALUI PENDIDIKAN INKLUSI DALAM MENANAMKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SD NEGERI 14 MULYOHARJO PEMALANG Aziz Muzayin; Farizka Ayu
Bashrah Vol 1 No 02 (2021): EDISI NOVEMBER 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.317 KB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Peranan Guru melaui Pendidikan Inklusi Dalam Menanamkan Sikap Sosial Siswa Di SD Negeri 14 Mulyoharjo Pemelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru melalui pendidikan Inklusi dalam menanamkan sikap sosial antara siswa yang berkebutuhan khusus dengan siswa yang normal di SD Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif field Reseach. Hasil Penelitian ini adalah:1) Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di SD Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang Dalam pelaksanaan pendidikan inklusi harus melalui tahapan-tahapan sehingga pendidikan inklusi dapat berjalan sesuai dengan tujuannya. Tahapan dalam pelaksanaan pendidikan inklusi ada tahap persiapan lembaga dan tahap pelaksanaan program. 2) Peranan Guru Melalui Pendidikan Inklusi dalam Menanamkan Sikap Sosial antara Siswa yang Berkebutuhan Khusus dengan Siswa yang Normal. Dari observasi yang peneliti adakan di SD Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang, peneliti mendapatkan hasil yaitu guru berperan dalam mengembangkan kesetaraan antara siswa ABK dengan siswa normal, selain itu seorang guru memelihara secara optimal dengan tujuan agar kehadiran siswa ABK tidak mengganggu siswa normal.
PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM INTENSIF BAHASA ARAB TERHADAP SKOR UJIAN IMKA MAHASISWA UIN WALISONGO SEMARANG Achmad Zaenudin
Bashrah Vol 1 No 02 (2021): EDISI NOVEMBER 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.877 KB)

Abstract

Pengaruh Pelaksanaan Program Intensif Bahasa Bahasa Arab terhadap Skor IMKA Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Artikel ini bertujuan mengkaji Pengaruh Pelaksanaan Program Intensif Bahasa Arab Terhadap Skor Ujian Imka Mahasiswa Uin Walisongo Semarang . Adapun artikel ini bercorak penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah megikuti ujian IMKA pada tahun akademik 2019 / 2020. (a) Jumlah sampel 231 responden. (b) Pengumpulan data dengan angket, dokumentasi dan wawancara. (c) Analisis data menggunakan uji Instrument, uji Prasyarat dan u ji Hipotesis. Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan Program Intensif Bahasa Arab sesuai dengan teori pembelajaran.(2) Nilai IMKA Mahasiswa UIN Walisongo Semarang nilai terkecil adalah 300, dan nilai terbesar adalah 412.(3) Berdasarkan uji linear regresi sederhana pengaruh pelaksanaan PIBA terhadap skor ujian IMKA diperoleh nilai koefesien regresi R= 0,604 serta niai F= 349,279 dengan sig 0,000. Sehingga dari data tersebut Hipotesis Ha: diterima. Penelitian ini mendapat sumbangan efektif 0,604 yang menunjukan adanya 60,4% variabel (Y) IMKA dipengaruhi oleh variabel (X) PIBA.
KONSEP PENDIDIKAN DAKWAH MENURUT NAHDLATUL ULAMA Ibni Trisal Adam; M Nailul Huda
Bashrah Vol 1 No 02 (2021): EDISI NOVEMBER 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.722 KB)

Abstract

Setiap manusia, terutama seorang muslim wajib untuk menyampaikan ajaran agama islam kepada setiap manusia lainya. Terlebih seorang ulama yang memang memiliki kapasitas keilmuan di bidang agama. Namun, hal yang lebih baik agar dakwah cepat menyebar luas yaitu salah satunya mengemas konsep dakwah dalam bingkai organisasi agar dakwah lebih berjalan secara terstruktur, seperti halnya kesuksesan organisasi Nahdlatul ulama yang didirikan dalam rangka menyebarkan ajaran islam di Indonesia dalam wajah islam rahmatan lil’alamin. Maka dari itu, dalam penelitian ini memfokuskan kepada konsep pendidikan dakwah yang dilakukan oleh Nahdlatul Ulama dalam menyebarkan ajaran agama islam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kepustakaan (library research) yang mencari dasar penelitian lewat leteratur-literatur teks buku yang valid dan sesuai. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui Konsep Pendidikan Dakwah menurut Nahdlatu Ulama serta mengetahui relevansinya terhadap Gerakan dakwah NU di masyarakat. Hasilnya adalah konsep pendidikan dakwah yang dilakukan NU memiliki beberapa cara, diataranya yaitu pembentukan Badan Otonom (Banom) dan Lembaga serta membuat tingkatan kepengurusan dan fungsi pengurus. Sedangkan gerakan dakwah yang dilakukan oleh Nahdlatul Ulama di masyarakat memiliki beberapa bentuk, diantaranya melakukan kaderisasi dakwah lewat kegiatan di pesantren dan masjid serta kegiatan yang dilakukan oleh Banom, sedangkan wujud dakwah NU di masyarakat yakni lewat pengajian yang di isi dengan berbagai paham islam ahlu sunnah wal jama’ah dan lewat kerjasama dengan lembaga-lembaga lain.
EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI DALAM PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB DI KELAS VII A MAMBAUL ULUM TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Mochamad Afroni; A Barzan Lutfi
Bashrah Vol 1 No 02 (2021): EDISI NOVEMBER 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.48 KB) | DOI: 10.58410/bashrah.v1i02.320

Abstract

Pada praktiknya, dalam pembelajaran bahasa Arab masih banyak hambatan yang dihadapi. Meskipun bahasa Arab sudah masuk dalam mata pelajaran tersendiri di sekolah-sekolah, namun banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menyerap dan memahami, apalagi menguasai materi dan mufradat bahasa Arab yang telah diajarkan oleh gurunya. Bahkan banyak di antara mereka yang menganggap bahasa Arab sebagai pelajaran yang menakutkan karena terlalu dibebani dengan sederet hafalan-hafalan mufradat bahasa Arab. Seorang siswa akan lebih mudah menangkap dan mengingat suatu pelajaran dengan proses yang menyenangkan dan menghibur, daripada mendengarkan ceramah yang serius. salah satu metode yang menyenangkan adalah bernyanyi. Dengan bernyanyi siswa menjadi rileks dalam belajar, dan siswa juga secara tidak langsung sudah menghafalkan mufradat bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil tempat di Kelas VII A MTs Mambaul Ulum Kota Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai Efektivitas Metode Bernyanyi dalam Penguasaan mufradat Bahasa Arab di Kelas VII A MTs Mambaul Ulum Kota Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 diperoleh simpulan bahwa, penggunaan metode bernyanyi dalam penguasaan mufradat bahasa Arab dapat dikatakan lebih efektif dan menyenangkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yaitu pada hasil preetest siswa ketika pembelajaran mufradat menggunakan metode membaca dan metode terjemah hanya mencapai ketuntasan sebanyak 19 dari 30 siswa, sedangkan hasil postest siswa ketika pembelajaran mufradat menggunakan metode bernyanyi telah mencapai ketuntasan sebanyak 28 dari 30 siswa, dan siswa yang hasil belajarnya belum tuntas hanya ada 2 dari 30 siswa.
STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII SMP DARU ULIL ALBAB TEGAL 2020/2021 Mustofa Kamal; Saeful Mujab
Bashrah Vol 1 No 02 (2021): EDISI NOVEMBER 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.03 KB)

Abstract

Penelitian ini mengacu pada tiga pokok permasalahan antara lain; 1.Untuk mengetahui cara guru memberikan stimulus kepada siswa dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VIII SMP Daru Ulil Albab Tegal, 2. Untuk mengetahui respon yang ditunjukan oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VII SMP Daru Ulil Albab Tegal, 2. Untuk mengetahui faktor penghambat stimulus dan respon dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VII SMP Daru Ulil Albab Tegal. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah deskriptif kualitatif Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan metode analisis kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah selesai di lapangan. Hasil penelitian ini ialah; stimulus yang dapat diberikan oleh guru dalam pembelajaran diantaranya (1) Penggunaan variasi metode mengajar, materi, dan buku penunjang, (2) pemberian nilai, (3) pemberian hukuman, dan (4) pemberian pujian atau penghargaan. Respon yang ditunjukkan siswa dalam pembelajaran diantaranya (1) Respon Perseptual, (2) Respon Emosional, dan (3) Respon Behavioristik. Faktor penghambat stimulus dan respon dalam pembelajaran yaitu faktor intern dan faktor ekstern siswa.

Page 1 of 3 | Total Record : 25