Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik melalui metode pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian memberikan soal uraian dan isian singkat pada pretest-posttest kepada peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 28 Gasing Kabupaten Landak. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test dan independent sample test. Hasil penilitian menunjukan bahwa kreativitas keterampilan menulis peserta didik melalui metode pembelajaran Mind Mapping menunjukkan bahwa adanya peningkatan, hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil nilai rata-rata post test yang diperoleh peserta didik dengan skor 81.83. Hasil ini diperkuat pada uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 yang menunjukan bahwa thitung > ttabel.(2.09302 > 1.961). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran melalui Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas keterampilan menulis peserta didik pada pembelajarn IPA dengan materi pembelajara sistem pencernaan makanan pada manusia kelas V di SDN 28 Gasing Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak Tahun Pelajaran 2022-2023
Copyrights © 2023