Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No 2 (2022): Desember 2022

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN METODE INQUIRY DENGAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH

Indah Lestari (Universitas Syiah Kuala)
Zulfadhli Zulfadhli (Universitas Syiah Kuala)
Nazaruddin Ali Basyah (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2023

Abstract

Abstrak: Salah satu metode pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif, dan kritis adalah metode inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan metode inquiry dengan metode konvensional pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test. Untuk menganalisis data maka digunakan program SPSS versi 24, sebelum melakukan analisis independent sample T test, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat melakukan uji independent sample T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan metode inquiry dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Dengan perolehan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen adalah 86,48 dan post-test kelompok kontrol 81,67 dimana nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelompok kontrol. Melalui uji independent sample T test untuk menguji hipotesis didapatkan hasil nilai sig(2-tailed) 0.016 0.05 maka tolak Ho terima Ha yang berarti nilai rata-rata siswa kelas inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan kelas konvensional. Kata Kunci: Pembelajaran, Inquiry, Konvensional, Pre-test, Post-test

Copyrights © 2022