JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 7, No 1 (2023)

PENGARUH PRESERVICE DAN INSERVICE TRAINING TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR

Roslin Takahindangen (Universitas Negeri Gorontalo)
Arwildayanto Arwildayanto (Universitas Negeri Gorontalo)
Arifin Arifin (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

Kompetensi guru, diperlukan upaya yang dapat menstimulasi peningkatan kompetensi guru melalui Preservice dan inservice training. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis; (1) pengaruh preservice training terhadap peningkatan kompetensi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (2) pengaruh model inservice training terhadap peningkatan kompetensi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (3) pengaruh preservice dan inservice training terhadap peningkatan kompetensi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diartikan sebagai berikut: (1) Preservice training berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi guru SD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Selanjutnya, model insrvice training berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi guru SD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan hasil uji serta preservice dan inservice training memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembangan kompetensi guru SD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan hasil uji one sample test diperoleh 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dalam rangka peningkatan kompetensi guru dapat digunakan melalui Inservice training.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...