Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 7, No 1 (2023)

MATHEMATICS ANXIETY DAN PENGARUHNYA PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Linda Mawarni (SMKS Fortuna Wakatobi)
Nana Sumarna (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mathematics anxiety terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 104 siswa sedangkan sampel penelitian sebanyak 42 siswa yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket mathematics anxiety dan nilai pada buku rapor siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan regresi linear sederhana. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa skor mean pada variabel mathematics anxiety sebesar 115,36 dan berada pada kategori tinggi sedangkan skor mean pada variabel hasil belajar matematika siswa sebesar 73,19 dan berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial yang dilakukan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai Fhitung sebesar 129,512. Karena nilai Fhitung = 129,512 > Ftabel = 4,10 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh mathematics anxiety yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...