Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mathematics anxiety terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 104 siswa sedangkan sampel penelitian sebanyak 42 siswa yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket mathematics anxiety dan nilai pada buku rapor siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan regresi linear sederhana. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa skor mean pada variabel mathematics anxiety sebesar 115,36 dan berada pada kategori tinggi sedangkan skor mean pada variabel hasil belajar matematika siswa sebesar 73,19 dan berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial yang dilakukan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai Fhitung sebesar 129,512. Karena nilai Fhitung = 129,512 > Ftabel = 4,10 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh mathematics anxiety yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.
Copyrights © 2023