Al Ilmi
Vol 11 No 2 (2022): Al 'Ilmi: Jurnal Pendidikan MIPA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Shinta Bella (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Hartatiana Hartatiana (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Etrie Jayanti (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran discovery learning pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa. Bentuk desain penelitian yang digunakan yaitu post test only control design. Penelitian ini dilakukan di salah satu Madrasah Aliyah Swasta di Kota Palembang, dimana siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Jumlah siswa masing-masing baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen berjumlah 32 siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa hasil Sig.(2-Tailed) < 0,05 yaitu 0,002 sehingga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa kelas XI di salah satu Madrasah Swasta di Kota Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Alilmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Al 'Ilmi: Jurnal pendidikan MIPA merupakan jurnal multidisiplin yang diterbitkan dengan p-ISSN 2337-3083 dan e-ISSN 2615-4013. Pada tingkat nasional mencakup masalah-masalah umum atau masalah yang berkaitan dengan Biologi dan Pendidikan Biologi, Matematika, fisika dan kimia. Tujuan dari ...