Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD
Vol 6, No 1 (2023): J-SISKO TECH EDISI JANUARI

Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking sebagai Media Pengenalan Bangun Ruang

Yoga Sahria (Universitas AMIKOM Yogyakarta)
Ilmira Yulfihani (Universitas Teknologi Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Bangun ruang merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Matematika yang memiliki jenis, ciri-ciri atau karakteristik masing-masing. Bangun ruang menggabungkan beberapa jenis bangun datar yang disusun menjadi sebuah objek yang memiliki ruang atau isi. Berbeda dengan bangun datar yang hanya memiliki 2 dimensi, bangun ruang memiliki 3 dimensi yang terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi. Proses pembelajaran yang masih hanya menggunakan media buku cetak pastinya sudah tidak efisien mengingat perkembangan teknologi saat ini yang sudah berkembang pesat dan dapat dimanfaatkan di berbagi bidang, salah satunya pendidikan. Pemanfaatan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran Matematika khususnya pengenalan bangun ruang akan sangat membantu memberikan pemahaman konsep bangun ruang 3 dimensi. Menggunakan metode marker based tracking, teknologi augmented reality bisa menampilkan objek 3 dimensi pada dunia maya kemudian memproyeksikannya sehingga terlihat nyata. Pengimplementasian teknologi augmented reality dengan pembuatan filter AR dan menggunakannya pada proses pembelajaran pengenalan bangun ruang dirasa akan lebih menarik. Tahapan pengembangan filter dimulai dari perencanaan alur sampai pengujian filter dan marker. Marker dianggap berhasil apabila dapat menampilkan objek 3D dan ciri – ciri dari bangun ruang yang diinginkan. Dengan pemanfaatan augmented reality dalam filter AR untuk proses pembelajaran mengenal bangun ruang ini diharapkan dapat menjadi alternatif agar pembelajaran materi bangun ruang dan Matematika menjadi lebih menarik dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Kata Kunci : augmented reality; marker based tracking; bangun ruang; matematika, 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsk

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Bioinformatics/Biomedical Applications Biometrical Application Computer Network and Architecture Computer Vision Content-Based Multimedia Retrievals Information System Data analysis Fuzzy Logic Genetic Algorithm High Performance Computing Image Processing Information Retrieval Information Security ...