Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD
Vol 6, No 1 (2023): J-SISKO TECH EDISI JANUARI

Penerapan K-Means Clustering Dalam Pengelompokan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Elbow

Adella Putri Riani (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Apriade Voutama (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Taufik Ridwan (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor keberhasilan teknologi informasi salah satunya yaitu dalam hal memajukan mutu sumber daya manusia. Salah satu cara untuk mencapainya adalah melalui pemerataan pendidikan di sekolah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menganalisis capaian hasil belajar setiap peserta didik. PKBM Sanggar Puri merupakan lembaga pendidikan non formal dengan nilai nilai rata-rata dari tahun ke tahun naik turun sehingga perlu dilakukan pengelompokan nilai guna membantu mengetahui kemampuan para peserta didik. Penelitian ini menggunakan algoritma K-Means dan metode Elbow. Hasil dari penelitian ini adalah mengelompokan peserta didik menjadi 3 cluster yaitu cluster 0 dengan nila rata-rata cenderung rendah yang memiliki jumlah anggota cluster yaitu 57 peserta didik. Kemudian cluster 2 yaitu kelompok rata-rata nilai sedang dengan jumlah anggota kluster yaitu 42 peserta didik. Lalu cluster 1 merupakan kelompok nilai dengan rata-rata tinggi yang hanya berjumlah 1 peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsk

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Bioinformatics/Biomedical Applications Biometrical Application Computer Network and Architecture Computer Vision Content-Based Multimedia Retrievals Information System Data analysis Fuzzy Logic Genetic Algorithm High Performance Computing Image Processing Information Retrieval Information Security ...