Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

IMPLEMENTASI BAHAN AJAR SEJARAH BERBASIS BUDAYA LOKAL SUMBAWA PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 PLAMPANG TAHUN 2022/2023

HEPY SELNITA HEPY (Unknown)
Suparman Suparman (Universitas Teknologi Sumbawa)
Sabri Balafif (Universitas Teknologi Sumbawa)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2023

Abstract

Penulisan sejarah hanya menitik beratkan pada luasnya pengaruh yang diakibatkan oleh peristiwa atau sepak terjang seorang tokoh sejarah. Hal ini menimbulkan stereotif negatif terhadap sejarah lokal. Akibatnya, pelajaran sejarah hanya dianggap sebagai sejarah masa lalu yang tidak berkaitan dan berpengaruh bagi kehidupan dan masa depan peserta didik kelak. Sehingga pelajaran sejarah dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan dan tidak menarik untuk dibaca apalagi untuk dipelajari. Penggunaan bahan ajar sejarah yang berbasis budaya lokal dapat memberikan pengaruh terhadap minat siswa dalam belajar sejarah. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen yaitu Pre-Eksperimental Designs. Sumber data siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Plampang Tahun Ajaran 2022/2023 dengan Populasi yang berjumlah sebanyak 64 orang.Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut Pengimplementasian bahan ajar sejarah berbasis budaya lokal sumbawa memperoleh respon atau tanggapan yang baik dari para siswa kelas X IPS SMAN 1 Plampang menunjukkan bahwa bahan ajar Sumbawa sangat baik yang ditunjukkan oleh rerata respon siswa untuk setiap indicator lebih besar dari 3,25.  Sedangkan Minat Belajar Sejarah dengan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal Sumbawa di SMAN 1 Plampang dengan skor 3,5 sampai 3,6 atau terbilang sangat tinggi. Bahan ajar sejarah berbasis Budaya Lokal Sumbawa sangat penting untuk diimplementasikan dalam upaya untuk membangkitkan kesadaran para siswa terkait kekayaan intelektualitas kedaerahan khususnya para siswa SMAN 1 Plampang Saran penelitian, bahwa Peneliti dapat mengembangkan penelitian dengan memperhatikan faktor internal motivasi belajar dalam peningkatan minat belajar siswa pada pelajaran sejarah. Institusi sekolah khususnya bagi guru pelajaran sejarah, bahan ajar berbasis Budaya Lokal Sumbawa dapat menjadi salah satu materi ajar pembelajaran alternative dalam mengoptimalkan proses pembelajaran sejarah di SMAN 1 Plampang.Kata kunci: Bahan ajar sejarah dan Budaya lokal sumbawa English translation. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...