Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqy Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Iman Al-Qurbah

Nurul Asqia (IAIN Parepare)
Suridha Suridha (IAIN Parepare)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Anak usia dini merupakan masa keemasan bagi proses tumbuh kembang seorang anak. Dalam Fase ini perkembangan anak sangat pesat dan sangat membutuhkan stimulusi tepat yang dapat membentuk karakter anak ke depannya. Oleh karena itu, salah satu cara yang paling efektif untuk memberikan stimulasi yang baik untuk anak adalah mendekatkan atau membiasakannya berinteraksi dengan kitab suci Al-Qur’an dan mengajarkan anak mulai menghafal Al-qur’an sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode talaqqy dalam meningkatkan kemapuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini serta mengetahui kelebihan dan kekurangan yang didapatkan dalam menerapkan metode talaqqy. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, penarikan kesimpulan dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan metode Al-Qur’an yang diterapkan di TK Iman Al Qurbah Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode talaqqy dalam menghafal Al-Qur’an untuk anak usia dini merupakan hal yang paling efektif, yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan menghafal peserta didik. Selain itu, juga banyak manfaat dengan menerapkan metode tersebut, seperti adanya interaksi antara guru dengan peserta didik secara langsung, dapat melihat kesalahan-kesalahan peserta didik dalam penyebutan huruf atau makhroj dan dapat mengevaluasi tingkat pencapaian anak dalam menghafal Alquran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...