Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Motivasi Reading Comprehension Mahasiswa Universitas Teknologi Mataram

Pathul Indriana (Universitas Teknologi Mataram)
Ari Saputra (Universitas Gunung Rinjani)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari solusi atas permasalahan rendahnya motivasi Reading Comprehension mahasiswa semester dua program studi Teknik Informatika Universitas Teknologi Mataram. Salah satu solusi yang peneliti gunakan untuk memecahkan masalah ini adalah dengan menggunakan metode terpilih yang memfokuskan kegiatannya pada peningkatan motivasi Reading Comprehension mahasiswa. Penelitian ini mengembangkan penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) guna meningkatkan motivasi Reading Comprehension mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan cara memberikan treatment berbeda terhadap dua kelompok sampel penelitian. Penelitian ini merupakan pengembangan model 4D yang terdiri tahap pendefinisian, tahap desain, tahap pengembangan dan tahap menyebarkan. Metode pengumpulan data menggunakan instrument pre-test dan post-test, observasi selama proses belajar mengajar, pengisian angket dan interview. Hasil temuan dalam penelitian ini digambarkan bahwa nilai rata-rata mahasiswa pada post-test menunjukkan hasil lebih besar bila dibandingkan pencapaian nilai pada pre-test yaitu (79.50>62.01. Kesimpulan yang dapat digarus bawahi dalri penelitian ini adalah bahwa metode CIRC efektif diterapkan pada pembelajaran Reading Comprehension mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Inggris dan penerapan metode CIRC pada proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...