Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Nasional LPPM 2014, 20 Desember 2014

Pengembangan Kewirausahaan dan Industri Kreatif Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal

Effendi, Muhammad Irhas ( Dosen Fakultas Ekonomi UPN “Veteran” Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2014

Abstract

Kewirausahaan dan industri kreatif memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan nasional.Jumlah wirausaha di suatu Negara dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan kemakmuran. Untuk meningkatkan peran kewirausahaan di Indonesia perlu dikembangkan. Salah satu sector penting dalam pengembangan kewirausahaan adalah industri kreatif. Industri kreatif merupakan industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Industri kreatif memberi kontribusi dalam pembangunan ekonomi terutama dalam: memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan, menciptakan Iklim bisnis yangpositif, membangun citra dan identitas bangsa, berbasis kepada sumberdayayang terbarukan, menciptakan inovasi dankreativitas yang merupakankeunggulan kompetitif suatubangsa, memberikan dampak sosialyang positif. Pengembangan kewirausahaan termasuk dalam industry kreatif berbasis kearifan local diharapkan dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang bersifat unik dan dapat digunakan sebagai dasar pengembangan strategi diferensiasi. Strategi bisnis diferensiasi yang memiliki keunggulan bersumber keunikan dapat menjadikan produk langka, sulit ditiru, tidak tergantikan dan bernilai. Keunikan ini akan menghidarkan usaha yang saling bersaing, memberi toleransi, dan kesempatan mengembangkan gagasan yang akhirnya memiliki peluang untuk mendukung terwujudnya masyarakat  madani.Katakunci: Kewirausahaan, Industri Kreatif, Kearifan Lokal, Masyarakat Madani.

Copyrights © 2014