Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 8 No. 2 (2022): Volume 08 No 02, Desember 2022

ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Ummul Khaira (Universitas Negeri Padang)
Firman (Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang)
Desyandri (Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6 di UPT SDN 02 Silaut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data digunakan melalui beberapa tahapan diantaranya pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran siswa cenderung bosan dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran yang berlangsung lama karena metode yang digunakan hanya ceramah dan monoton sehingga siswa kurang motivasi dalam belajar. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan agar motivasi belajar siswa lebih meningkat yang ditandai dengan keaktifan siswa dalam proses tersebut. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan pendekatan saintifik dan terdiri dari beberapa tahapan, antara lain mengamati, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Melalui berbagai tahapan tersebut dapat meningkatkan keikutsertaan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...