JIPHO ( Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)
Vol 5, No 1 (2023): JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)

Bentuk Kepala dan Tanduk Sapi Bali yang Dipelihara Pada Padang Pengembalaan Alam di Kecamatan Kabaena Tengah Kabupaten Bombana

Iqrahmawati Halman Yamin (Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridarma Andonohu Jl. H.E.A. Mokodompit, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232)
La Ode Nafiu (Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridarma Andonohu Jl. H.E.A. Mokodompit, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232)
Rahim Aka (Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridarma Andonohu Jl. H.E.A. Mokodompit, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2023

Abstract

Umumnya sapi potong yang dipelihara di Kabupaten Bombana khususnya Kecamatan Kabaena Tengah adalah sapi Bali dipelihara secara ekstensif dan dibiarkan merumput pada penggembalaan alam secara bebas sepanjang hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentiikasi bentuk kepala dan tanduk sapi Bali di Kecamatan Kabaena Tengah Kabupaten Bombana. Sampel penelitian adalah sapi Bali yang dipelihara di Desa Enano, Lengora Induk, Lengora Selatan dan Manuru sebanyak 230 ekor (48 ekor jantan dengan kisaran umur 6-30 bulan dan 182 ekor betina kisaran umur 5 bulan-15 tahun). Penentuan lokasi secara purposive sampling. Data yang diperoleh ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sapi Bali di Kecamatan Kabaena Tengah Kabupaten Bombana adalah bentuk kepala jantan dominan lebar (87,5%) dan betina dominan panjang (100%), bentuk tanduk jantan dominan tanduk silak bajeg (54,16%) dan betina tanduk silak manggulgangsa (34,62%). Dapat disimpulkan bahwa bentuk kepala dan tanduk sapi Bali di Kecamatan Kabaena Tengah Kabupaten Bombana sangat bervariasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPHO

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO) adalah jurnal ilmiah bidang peternakan yang mencakup; pemuliaan dan genetika, reproduksi, fisiologi, nutrisi, teknologi pakan, hijauan pakan, produksi ternak, bioteknologi, tingkah laku, kesehatan, sistem peternakan, sosial ekonomi, kebijakan, dan teknologi ...